Sulitnya Register Domain .id

Sebuah kekesalan yang sudah memuncak, saya rasakan beberapa hari ini. Ini terkait usahaku untuk memberikan reward untuk teman-teman yang sudah berpartisipasi dalam kontes yang tak selenggarakan beberapa waktu lalu. Sebuah kontes berhadiah domain .web.id. Di samping harganya yang lumayan miring, aku sebenarnya juga ingin memperbanyak pengguna domain dari negeri Indonesia ini. Tapi apa? Sebuah kekecewaan dan ke-stres-an yang aku dapat. Yach, ini sebuah resiko yang harus aku tanggung.

Saat beberapa sudah mengkonfirmasikan domain web.id yang diinginkan, saat beberapa juga sudah memberikan file data yang dibutuhkan untuk registrasi, web untuk register domain .id di https://register.pandi.or.id mengalami perbaikan. Yach, lagi-lagi aku harus mengelus dada. Waktu itu aku langsung memutuskan untuk gabung dengan milis pandi, harapannya aku bisa dapat orang dalam pandi yang bisa membantuku melakukan registrasi. Tapi, ternyata aku dapatkan jawaban kalau register domai .id hanya bisa dilakukan melalui web register pandi. Sudah, aku harus bersabar (dan tentunya temen-teman yang sudah saya janjikan).

Pertengahan april, register domain aku lakukan lagi. Secara bertahap, aku melakukan register 2 (dua) buah domain web.id. Satu di terima dan satunya sudah terdaftar. Beberapa waktu kemudian di awal bulan ini, aku lakukan lagi registrasi sebagai pengganti domain yang tempo hari sudah terdaftar. Setelah melakukan registrasi dan melengkapi dokumen, aku langsung melakukan transfer sejumlah dana untuk 2 (dua) domai tersebut.

Beberapa hari pasca aku transfer, aku mendapati email dari pandi yang menyatakan bahwa domain yang aku daftarkan terakhir tidak bisa diterima dengan alasan dokumen pelengkap registrasi tidak ada/ tidak valid. Akupun harus melakukan penambahan dokumen lagi dan menunggu beberapa waktu untuk mengetahui pendaftaranku bisa diterima atau tidak.

Sebuah hal yang di luar dugaan, slip pembayaran untuk domain tersebut tertinggal di rumah. Kalau apa yang tertinggal ini sudah ada file-nya mungkin tidak masalah, tapi ini belum. aku belum melakukan scaning slip transfer tersebut. Akupun hanya bisa berdiam diri dan merenungi apa yang telah terjadi. Mau komplain, kemana? Costumer support pandi kan gak ada. Apakah ini cerminan ruwetnya birokrasi Indonesia yang serba sulit?

Kini, yang bisa aku lakukan hanya berdiam diri, merenungi nasib, dan menyesal. Kenapa dulu aku harus menjanjikan domain .web.id? Kenapa juga aku harus meninggalkan slip itu di tas laptop dan kini tertinggl di rumah?

Sebuah asa untuk pandi dan kemajuan domain .id ke depan. Mohon dengan sangat, sistem registrasinya di permudah. Atau paling tidak, ada support online yang suatu saat bisa ditanya. Kebutuhan dokumen-dokumen yang tidak perlu juga harus bisa dikurangi. Bukankah jika pandi berencana mengembangkan domain .id sebagai Top domain level (TDL), pandi harus lebih cepat memberikan service dan mempermudah pendaftaran?

Recent Comments

  • bowbee: bang, bloggerub kok udah gak bisa diakses ya..??? apa udah … more »
  • kartika: kunci jawaban IPS kode 473 belum ada ya? more »
  • 2 Wings: saya dulu pernah pake domain co.cc yg gratis 1 thn … more »
  • MQ Hidayat: Biasanya cepet kok mas. maksimal 2x24 jam. tp itu jg … more »
  • dedy: numpang tanya gan.. saya uda masukan domain co.cc di blog … more »
  • DEWANGGA: bagus filmnya so the semi realitis film! more »
  • wawan: wah memang c awal bulan kemaren kan punya gue dh … more »
  • Info Online Marketing: Bos, koq file-nya not found??? dihapus atau dipindah kemana? more »
  • Info Online Marketing: Makasih infonya bos... langsung ke TKP nih.... :) more »
  • ARIYANTO: OPERATOR PRODUKSI PLEASE CALL ME 02194734113 more »